momen

Saat mengedit film atau mengatur struktur cerita sebuah skenario, apakah pembuat film mengikuti rencana struktural yang melibatkan 5 momen? Bagaimana jika mereka melakukannya? Apakah Anda ingin tahu tentang 5 momen?

Lain kali Anda menonton film yang bagus, perhatikan apa yang terjadi pada 25 menit memasuki film indofilm , 45 menit memasuki film, 60 menit memasuki film, 45 menit sebelum film berakhir, dan 25 menit sebelum film berakhir: 25 45 60 Р45 -25. Hitung -45 dan -25 saat cerita berakhir, bukan saat kredit akhir berakhir.

Perhatikan bagaimana para profesional film tampaknya menempatkan momen terpenting mereka pada 25 45 60 -45 -25:

25 menit setelah The Bourne Ultimatum, CIA menemukan Bourne dan mengeluarkan perintah untuk membunuhnya. 45 menit memasuki Waktu Lurus Dustin Hoffman mencuri mobil dan memborgol petugas pembebasan bersyaratnya ke pagar di jalan bebas hambatan. 60 menit setelah Iron Man Tony Stark terbang mengelilingi ruangan dan berkata, “Ya, saya bisa terbang.” 45 menit sebelum Daftar Schindler berakhir, karakter Ben Kingsley, Itzhak Stern, memegang daftar itu dan berkata, “Daftarnya benar-benar bagus. Daftarnya adalah kehidupan.” 25 menit sebelum Transformers berakhir, Decepticon menabrak bus di jalan bebas hambatan.

Dalam film-film di atas, 25 45 60 -45 -25 adalah momen penting, inspirasional, menghibur, momen bergejolak emosional yang membantu penulis skenario dan pembuat film meyakinkan penonton untuk peduli dengan karakter mereka dan apa yang terjadi pada mereka.

5 momen dalam Iron Man:

25: Tony Stark ada di dalam gua, dia memeriksa cincin logam yang digunakan untuk membuat reaktor busur mini yang muat di dadanya. Segera, lampu reaktor busur menyala, sumber tenaga barunya lahir. Kelahiran sesuatu yang baru.

45: Tony Stark yang intens secara emosional mengatakan kepada pers bahwa dia tidak pernah mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya. Dia menyatakan bahwa karena senjatanya jatuh ke tangan yang salah, dia menghentikan produksi senjata perusahaannya. Sekarang aku sadar.

60: Dia terbang di sekitar ruangan, berjuang untuk mengendalikan kekuatannya, dan dia berhasil: “Ya, aku bisa terbang.” Dia membuat kemajuan nyata, tidak ada jalan kembali ke papan gambar. Tidak ada jalan kembali sekarang.

-45 (1:57 – 45 = 1:12 ke dalam film) Tony menerima informasi baru tentang desa yang dikepung dari seorang reporter, belajar lebih banyak tentang situasinya dan meningkatkan tindakannya: dia terbang ke desa dan mulai menyelamatkan orang. Penemuan.

-25 (1:57 – 25 = 1:32 ke dalam film) Pepper menemukan video yang membuktikan Obaja Stane ingin Tony mati. Titik balik akhir.

Di setiap film dan skenario yang bagus, Anda akan menemukan 5 momen ini:

25: Kelahiran sesuatu yang baru.
45: Sekarang aku sadar.
60: Tidak ada jalan kembali sekarang.
-45: Penemuan.
-25: Titik balik terakhir.

Simetri 25 45 60 -45 -25 mengikuti kebenaran alam yang dinamis: Apa yang naik, pasti turun. Jadi di awal, jadi di akhir: 25 45 60 -45 -25.

Anda akan menemukan 5 momen di semua favorit lama Anda. Perhatikan 5 momen berikut dalam Romancing the Stone, dan perhatikan bahwa -45 muncul sebelum 60 karena Romancing the Stone berlangsung selama satu jam empat puluh tiga menit: 1:43 dikurangi 45 berarti 58 terjadi sebelum 60.

25: Joan sendirian di jalan pegunungan, antagonis masuk ke dalam bingkai, mengeluarkan pistol dan mengarahkannya ke arahnya. Jack Colton tiba dan melepaskan rentetan tembakan untuk mengusir antagonis. 25 adalah tempat pahlawan wanita dihadapkan oleh antagonis dan di mana perselingkuhan dimulai. Kelahiran sesuatu yang baru.

45: Joan dan Jack duduk di pesawat kargo yang robek. Jack menawari Joan sebotol tequila dan ingin tahu mengapa Joan meninggalkan NYC ke Columbia. Joan berbohong tentang alasan dia ada di Columbia. Dalam dua menit Jack menemukan peta harta karun, sebuah penemuan yang menyulut gejolak masa depan antara Jack dan Joan. Sekarang aku Sadar.

-45: (1:43 – 45 menit = 58 menit memasuki film) Sekutu dengan truk monster membuka pintu dan bertanya, “Kamu adalah Joan Wilder, novelisnya?” Kebetulan yang hampir tidak dapat dipercaya, tetapi karena kami mencintai Joan dan Jack, kami tidak peduli. Karena Juan (Alfonso Arau) mengetahui bahwa Joan menulis buku-buku yang disukainya, dia mengizinkannya masuk. Penemuan.

60: Joan dan Jack mengunjungi rumah Juan dan dalam beberapa menit mereka berada di dalam truk monster yang melompati sungai untuk melarikan diri dari antagonis. Tidak ada jalan kembali sekarang.

-25: (1:43 – 25 menit = 1:18) Joan dan Jack mencapai Mother’s Milk, sebuah kolam kecil tempat mereka menemukan berlian hijau. Titik balik terakhir.

Mengetahui di mana 5 momen penting dalam sebuah skenario akan secara mendasar mengubah cara Anda melihat film dan cara Anda membaca dan menulis skenario. 5 momen akan meningkatkan kepercayaan diri Anda karena menawarkan formula objektif yang menunjukkan dengan tepat kapan momen penting terjadi. Ini adalah alat struktural yang tepat untuk meningkatkan kemampuan Anda menganalisis dan mengatur struktur cerita sehingga Anda dapat menceritakan kisah yang lebih baik.

Jika Anda telah membaca banyak buku tentang penulisan skenario, maka Anda mengetahui perkiraan tertentu terkait dengan struktur cerita (hal. 10-20, hal. 50-60, hal. 80-90). Jika Anda mencari panduan yang tepat dalam hal struktur cerita, 5 momen menawarkan dinamika struktural yang andal, objektif, dan kuat secara alami.

Ketika materi pelajaran Anda sangat berarti bagi Anda, Anda berhutang pada diri sendiri untuk mengetahui dengan tepat ke mana segala sesuatunya pergi. Lihatlah apa yang dilakukan para profesional. Mereka tahu persis ke mana semuanya pergi, bukan? Bukankah seharusnya begitu?